Kuliah Bioinformatika yang menyenangkan: sesi I

December 3rd, 2011

Pada hari Jumat (1 Desember 2011) kemarin, saya mengikuti kuliah yang menyenangkan. Hanya ada dua mata kuliah, dua-duanya wajib, yaitu Special Topics on Medical Informatics pada pagi hari dengan tema Bioinformatics dan Seminar di siang hari dengan tema Mobile Revolution in Healthcare. Yang mengajar perempuan, cerdas, cantik. Yang satu ahli bioinformatics, lulusan Cambridge sedangkan pada sesi siang diajar oleh perempuan entrepreneur pemilik perusahaan pengembang aplikasi mobile.
Kali ini saya akan cerita dulu mengenai bioinformatika. Untuk sesi hari ini, 3 dari kami diminta presentasi dengan topik yang berbeda-beda. Saya diminta menyajikan topik mengenai Human Genome Project, kemudian dua teman berikutnya presentasi mengenai Entrez/HGNC(HUGO Genome Nomenclature Committee) dan Gene Ontology. Seperti biasa, karena bawaan gen l4m (leda lede lazy and last minute) saya baru mempersiapkan materi sehari menjelang presentasi. Itupun setelah perkuliahan hari Kamis yang baru selesai pukul 6 sore. Setelah browsing sana-sini, memulung ppt dari mana-mana, animasi serta video mengenai human genome project akhirnya kesemua bahan tersebut baru saya gabungkan menjadi ppt Jumat pagi. Gladys, dosen saya meminta 4 sub topik pada presentasi saya yaitu, background (berbagai pengertian dasar mengenai gen, genome, genomik, proteom, proteomik, transcript, transcriptomic dll), metode sekuens, database dan browser visualisasi (Genome browser, Mapviewer atau Ensemble) dan manfaat HGP.

Praktis saya tidak membuat slide karena hanya mencomot dari sana-sini. Dari awal saya pingin menampilkan video, tapi akhirnya, Gladys, nama profesorku itu,  membuat skema sederhana dari kromosom, gen, DNA, ekspresinya ke RNA, sampai dengan translasi menjadi protein.  Setelah itu, ketika sampai Ensemble dia juga menjelaskan beberapa bagian dari Ensemble.  Semua tertawa ketika aku mengutip salah satu slide dan memodifikasi sedikit di akhir presentasi dengan menampilkan “Before I came here I was confused about this subject.After ending this presentation,  I am still confused, hopefully at a higher level”.

Temanku lainnya menyajikan tentang mengapa kita memerlukan nomenklatur untuk penamaan gen, prinsip-prinsipnya serta contoh menampilkannya di http://www.ncbi.nih.gov/gene. Kuliah hari itu diakhiri dengan penyajian lainnya mengenai Gene Ontology meliputi pengertian, database Gene Ontology serta tool menggunakan Gene Ontology (i.e. FatiGO, AmiGO, etc).

Yang jelas, dalam 2 jam aku benar-benar merasa mendapatkan pencerahan luar biasa. Bisa kubayangkan, jika topik tadi disajikan oleh pengajar dan kita hanya mendengarkan diam, aku yakin tidak semudah itu memahami konsep, pengertian dan manfaat praktis dari materi yang diajarkan tentang bioinformatika. Aku masih menunggu topik minggu depan, yang tentu tidak kalah menariknya.


Comments RSS

Leave a Reply

Name (required)

Email (required)

Website

Speak your mind

- online valtrex order - buy asacol - spy a cell phone - generic levitra -