Metode penelitian kualitatif untuk sistem informasi manajemen kesehatan

October 4th, 2006

Meskipun relatif tertinggal dibandingkan organisasi lain, perlahan tapi pasti, semakin banyak lembaga pelayanan kesehatan (rumah sakit, puskesmas, maupun organisasi lainnya) yang menerapkan sistem informasi manajemen berbasis komputer. Di AS, rumah sakit swasta, berukuran besar serta berafiliasi kepada perhimpunan tertentu cenderung lebih progresif dalam menerapkan sistem informasi berbasis komputer. Di sisi yang lain, pengalaman menunjukkan penerapan sistem informasi berbasis komputer banyak berakhir dengan kegagalan. Dowling(1980) mengestimasi bahwa 45% dari pengembangan sistem informasi berbasis komputer gagal karena resistensi pengguna, meskipun secara teknologi cukup meyakinkan. Oleh karena, evaluasi pengembangan sistem menjadi hal yang krusial.

Kegiatan evaluasi memerlukan pendekatan yang tepat. Sistem informasi berbasis komputer dapat dikaji berdasarkan criteria biaya/manfaat (cost benefit), ketepatan waktu, kelengkapan, tingkat kesalahan, tingkat penggunaan sampai dengan kepuasan pengguna. Metode kuantitatif tepat digunakan untuk tujuan tersebut jika fitur teknologi informasi, organisasi, pengguna dan kebutuhan informasi merupakan entitas yang independent, objektif dan diskrit dan tidak berubah-ubah selama proses evaluasi. Akan tetapi, jika peneliti berkeinginan untuk mengevaluasi topic yang tidak mudah dipilah-pilah ke dalam entitas yang diskrit atau bahkan akan memeriksa dinamika proses daripada terpaku pada karakteristik tertentu, maka pendekatan kualitatif dapat lebih bermanfaat. Manfaat metode kualitatif terletak pada kemampuannya untuk memahami manka dan konteks dari fenomena yang sedang dikaji, kejadian khusus atau proses yang mempengaruhi fenomena sepanjang waktu secara alamiah. Ketika mengevaluasi sistem informasi manajemen berbasis komputer berbagai konteks seperti sosial, kultural, organisasional, maupun politik, proses pengembangan sistem informasi, instalasi, penggunaan sampai dengan interaksi antar berbagai komponen tersebut sangat menarik untuk dikaji. Berbagai penelitian mengenai penggunaan metode kualitatif untuk sistem informasi manajemen kesehatan telah dipublikasikan, bahkan akhir-akhir ini menjadi semakin popular.

Penelitian kualitatif mencakup berbagai pendekatan yang berbeda satu sama lain tetapi memiliki karakteristik dan tujuan yang sama. Berbagai pendekatan tersebut dapat dikenal melalui berbagai istilah seperti: penelitian kualitatif, penelitian lapangan, penelitian naturalistik, penelitian interpretif, penelitian etnografik, penelitian post positivistic, penelitian fenomenologik, hermeneutic, humanistik dan studi kasus. Metode kualitatif menggunakan beberapa bentuk pengumpulan data seperti transkrip wawancara terbuka, deskripsi observasi, serta analisis dokumen dan artefak lainnya. Data tersebut dianalisis dengan tetap mempertahankan keaslian teks yang memaknainya. Hal ini dilakukan karena tujuan penelitian kualitatif adalah untuk memahami fenomena dari sudut pandang partisipan, konteks sosial dan institusional. Sehingga pendekatan kualitatif umumnya bersifat induktif.

Ada lima alasan untuk menggunakan pendekatan kualitatif dalam sistem informasi manajemen kesehatan:
old">-Untuk memahami bagaimana persepsi pengguna mengenai sistem, mengevaluasi sistem serta makna dari sistem bagi pengguna. Memahami perspektif pengguna biasanya sulit dilakukan semata-semata menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti dapat menggali penjelasan mengenai perilaku pengguna terhadap sistem, keberhasilan sistem serta kegagalannya.
old">-Untuk memahami pengaruh sosial dan organisasional terhadap penggunaan sistem. Sistem informasi manajemen kesehatan tidak berada dalam ruang kosong (vacuum). Implementasi, penggunaan, kesuksesan maupun kegagalannya terjadi dalam konteks sosial dan organisasi. Sebuah sistem tidak selalu memberikan hasil yang sama ketika diimplementasikan di tempat lain. Penelitian kualitatif dapat memberikan pemahaman mengenai hal ini sekaligus mendukung pengembangan hipotesis dan teori.
old">Menyelidiki proses sebab akibat. Penelitian eksperimental dapat menunjukkan ada tidaknya hubungan kausal namun tidak bisa memberikan alasan bagaimana proses kausal tersebut berlangsung. Di sinilah kelebihan penelitian kualitatif dibandingkan eksperimental atau survei.
old">-Memberikan evaluasi formatif (evaluasi yang bertujuan untuk memperbaiki sistem yang sedang dalam tahap pengembangan) dibandingkan hanya sekedar melakukan pengkajian. Menggunakan metode kualitatif dapat memberikan gambaran masalah potensial yang sedang dihadapi sehingga memberikan peluang untuk memperbaiki sistem.
old">-Meningkatkan utilisasi dari hasil evaluasi. Setiap manajer, pembuat kebijakan, perancang sistem dan praktisi seringkali mengalami kesulitan menggunakan hasil studi kuantatif karena hal tersebut tidak terkati dengan pemahaman mereka mengenai situasi yang sedang terjadi. Penelitian kualitatif, sebaliknya, dapat meningkatkan kredibilitas dan kemanfaatan hasil evaluasi untuk para pengembil keputusan.
disadur dari Anderson, Aydin, Jay Evaluating Health Care Information Systems: methods and application. (bersambung….)


18 Responses to “Metode penelitian kualitatif untuk sistem informasi manajemen kesehatan”

  1. obet on August 3, 2007 6:45 am

    mas punya materi tentang SIM Kes?
    saya lagi butuh materi tsb nih..
    send Ke j4yu5m4n@yahoo.co.id
    thanks.

  2. Ikhwan Nur Rahman on September 19, 2007 12:01 pm

    assalamu’alaikum mas (atau pak?)
    perkenalkan, saya adalah mahasiswa adm.niaga FISIP UI depok. ceritanya saya sedang menyusun skripsi mengenai aplikasi SIM. kebetulan saat ini saya sedang magang di sebuah konsultan IT dan memutuskan untuk mengangkat software SIM RS yang kami miliki sebagai materi skripsi saya. yang ingin saya angkat di dalam skripsi saya kali ini adalah mengenai evaluasi dari software tersebut, sebagai sampling, saya akan menggunakan RS Pertamina Jaya Jakarta sebagai sample, dalam hal ini personel RS (dokter dan pegawai).
    Yang masih membuat saya bimbang adalah evaluasi apa yang akan saya bahas nantinya…tapi setelah membaca blog-nya panjenenga, saya menjadi sedikit dapat membayangkan arah dari skripsi saya. karena saya kuliah di administrasi bisnis, sepertinya tema mengenai efektifitas dan manfaat aplikasi SIM menjadi sangat menarik untuk di bahas, dilihat dari sudut pandang bahwa aplikasi SIM adalah salah satu tools untuk memudahkan proses manajemen (dan tentunya juga bisnis) RS.hmmm, kualitatif atau kuantitatif yaa? =) masih bingung…tapi…terima kasih untuk tulisan yang ada di blog ini. boleh kan kalau saya hendak bertanya di kemudian hari, pastinya tentang bahan2 bacaan yang berhubungan dengan skripsi saya..

    satu pertanyaan lagi mas…mas punya produk software RS juga atau tidak? atau mas tergabung ke dalam perusahaan/ konsultan yang menyediakan aplikasi RS ?

    terima kasih lagi, wassalam..

  3. sarliyani on October 25, 2007 4:38 am

    Maaf Pak Fuad… pertama saya kira ibu2 =p,hehehe…

  4. Dede Suryaputra on November 21, 2007 7:17 am

    Asslm..Pak Fuad ane dede nih asli sunda lagi mau nyusun skripsi tentang analisis sistem informasi pelayanan rumah sakit di salah satu rumah sakit pemerintah..so saya butuh materi tentang analisis+sistem informasi+pelayanan rumah sakit..n kasih gambaran dong tentang cara nyusunnya..masih bingung harus dari mana????cuman saya coba bikin outputnya sebuah software yang bisa di gunakan baik itu bagi rs ataupun bagi bahan skripsi saya…bdw tq so much ya..n imwaiting ya…

  5. adhya on November 23, 2007 3:07 am

    Pak, di mana saya bisa temukan panduan menulis skripsi dengan metode studi kasus di bidang Sistem INformasi Manajemen? terima kasih

  6. yayat on December 4, 2007 7:29 am

    kirimkan saya mmetode penelitian kualitatif dan metode penelitian pendidikan agama islam….thank.

  7. asep. s on December 4, 2007 7:31 am

    tolong informasika kepada saya cara mendown load buku metode penelitian kualitatif. saya lagi skripsi, pusing bgt……

  8. eddy on December 13, 2007 2:17 pm

    assalamu’alaikum…
    perkenalkan, saya bekerja di rumah sakit tipe c, rs ini merupakan rs baru, didirikan th 2002 dan masih berada dalam masa pengembangan. manajemen berjalan seadanya dan kami belum mempunyai sim-rs secara komputer. mohon informasinya untuk program sim-rs yang sesuai dengan tipe rs kami dan dana yang terjangkau, trimakasih…
    wassalam…

  9. iyung on December 27, 2007 7:23 am

    ass..saya iyung,,saya lagi ngerjain tugas SIM,,boleh minta penjelasan tentang SIM RS.Pertamina gak??tentang kegagalan SIM yang udah pernah dipake??makasih..Wassalam..

  10. rangga on February 25, 2008 9:54 am

    maaf nih pak saya mau tanya beda nya pertanyaan dengan hipotesis apa ? kan kedua2nya mirip ?

  11. `crown` on June 3, 2008 5:20 am

    assalamu’alaikum wrwb.

    mas fuad mohon izin saya `crown`, mahasiswa Salah satu perguruan tinggi kedinasan (PTK). Saya mendapatkan tugas dosen neh. Mata kuliah STATISTIKA II. Tapi nyerempetnya ke Metodologi Penelitian. Gini mas fuad, saya disuruh mencari dan menganalisis tentang skripsi, jurnal ilmiah, artikel ilmiah, apapun tulisan ilmiah yang menggunakan METODE yang SALAH dalam pengerjaannya. Kayak misalnya datanya kualitatif kok malah pake uji analisis yang seharusnya digunakan di data kuantitatif. Kira2 mas tau ngga ya sumber-sumber atau pernah menemukan hal-hal yang seperti itu?? Kalau tidak berkeberatan bisakah mas memberi tahu saya…..
    Sebelum dan sesudahnya “Thanks Banget Ya Mas”

  12. sudiono@MEDEEVA on August 25, 2008 5:53 am

    dear pak Eddy,
    jika berminat untuk aplikasi SIM RS, bisa menghubungu kami di marketing at moderate co id / marketing@moderate.co.id

  13. DONI EKA PUTRA on August 31, 2008 2:47 am

    sukses aja dech

  14. Rico Adi Utama on September 11, 2008 6:22 pm

    Ass.
    Pak, Bisakah saya memperoleh Jurnal atau Koleksi Buku Psikologi Bapak.
    Saya sangat berharap bapak dapat membantu say atas kesulitan ini.
    atas bantuan bapak say ucpakan terima kasih.
    Hormat saya,

    Rico Adi Utama

    Mobile Phone : 085277418294
    Alamat : sekretariat Mapala Alpichanameru IAIN Imam Bonjol Padang. SUmatera Barat.
    Kode Pos : 25151

  15. Syn Susilawati on September 12, 2008 2:32 pm

    mas,,,,
    tlong dong,,,
    crikan judul yang cocok bwt saya jurs.adm.niaga yang bersifat kualitatif???????
    psng bgt ney,,,,
    cri judul yg baikx apa?

  16. Mat Khalimi on February 17, 2009 8:05 am

    assalamu ‘alaikum wr. wb.

    Salam kenal, Mas Fuad, saya seorang maha siswa STKM Widya Dharma Palembang, yang sebentar lagi mau menyusun Skripsi, tolong dong aku diajari, dimulai dari mana, dll deh, dan kalau ada mau dong aku dikirimi contoh-contoh skripsi yang udah jadi, misalnya Skripsi tentang : ISPA, Diare, Typhus, DBD atau yang lainnya, tolong ya mas

    wassalamu ‘alaikum wr. wb.

  17. kurrt on March 2, 2009 10:39 pm

    ass… sy bekerja di rs jg mau skripsi skm bantu buat skipsi tntang kbijakan rs. nanti bs drundingkan semua biaya. trims

  18. anisfuad on March 3, 2009 2:31 pm

    wah,maaf di sini taidk ada layanan pembuatan skripsi, broer….

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

Name (required)

Email (required)

Website

Speak your mind

Current day month ye@r *


nine − = 6

- online valtrex order - buy asacol - spy a cell phone - generic levitra -